Peluang Usaha Kuliner Burger

Dulu Ochie pernah mengelola sebuah usaha minuman kemasan di sebuah mal di Jakarta Timur, dan kebetulan di sebelah kios Ochie, ada sebuah kios yang menyediakan kuliner burger. Ochie melihat kios burger tersebut cukup rame, walaupun kios tersebut hanya berukuran 2 x 2 meter, dan kebetulan Ochie cukup mengenal pengelola usaha kuliner burger tersebut, sehingga Ochie bisa belajar tentang seluk – beluk usaha kuliner burger tersebut. Langsung aja Ochie Jelasin tentang seluk beluk usaha Burger ini. Dan mudah – mudahan artikel ini bisa menjadi salah satu inspirasi untuk memulai sebuah usaha kuliner.
Tentunya sebelum kita bahas lebih lanjut kita juga musti tahu apa sih burger itu?
Yang Ochie tahu kalau Burger adalah jenis makanan cepat saji yang terbuat dari daging giling – umumnya, daging sapi – berbentuk bulat pipih. Daging ini biasanya digoreng atau dipanggang sebelum disajikan bersama roti tebal bulat, keju, selada, irisan bawang bombay, irisan tomat, dan irisan mentimun. Sebagai pelengkap, ditambahkan mayones, mustard, dan saus tomat atau saus sambal.
Burger berasal dari benua Eropa. Penggemar kuliner ini kebanyakan dari kalangan anak muda, yang umumnya selalu tertarik pada berbagai hal yang berbau Barat – termasuk makanannya. Oleh karena itu, membuka kedai atau kafe burger bisa menjadi pilihan usaha yang sangat menguntungkan.
Peluang Usaha Burger
Bahan Baku
Bahan baku utama untuk membuat burger adalah daging cincang dan roti. Kini, selain daging sapi, banyak usaha burger yang berinovasi dengan membuat burger dari daging ayam, bahkan tahu/tofu – sebagai variasi burger vegetarian. Daging yang digunakan adalah daging tanpa lemak. Jika ingin praktis, Anda bisa membeli berbagai jenis daging burger siap saji di pasaran. Namun, jika ingin mengutamakan kualitas dan cita rasa, sebaiknya Anda membuat sendiri daging burger Anda.
Roti untuk membuat burger memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berbentuk bulat dan dapat dibagi menjadi dua bagian. Roti yang enak untuk membuat burger adalah yang tebal tapi tetap empuk dan lembut. Umumnya, khusus untuk roti, pengusaha – pengusaha burger tidak membuatnya sendiri, melainkan membelinya di pasar atau langsung dari produsennya. Jika Anda memiliki dana produksi berlebih, ada bagusnya juga jika mengalokasikannya untuk membuat roti sendiri sehingga burger Anda akan memiliki cita rasa berbeda dari burger – burger lainnya.

Cara Membuat Roti Sendiri
Bahan – bahan :
  • 300 gr tepung terigu protein tinggi
  • ½ sdm/6 gr ragi instan
  • 35 gr gula pasir
  • 200 ml air es
  • 1 sdt garam
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 15 gr susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 60 gr margarin
Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dab gula pasir. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni kembali hingga benar – benar kalis (tidak menempel ditangan). Diamkan 30 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 30 gram. Bentuk bulat. Diamkan 30 menit.
  4. Panggang dalam oven selama 12 menit dengan suhu 190 derajat celcius sampai matang.

Lokasi Usaha
Alternatif lokasi usaha burger adalah di depan minimarket. Biasanya, pihak minimarket sendiri yang menawarkan kerja sama bagi para pengusaha kuliner skala kecil untuk membuka usaha di depan minimarketnya. Sebagai bagian dari kesepakatan, para pengusaha kuliner harus membayar uang sewa. Selain itu, lokasi di depan pertokoan, di sekitar pusat perbelanjaan, serta di sekolah dan kampus adalah beberapa lokasi strategis untuk usaha burger. Apalagi, sebagian besar konsumen burger adalah kalangan anak muda yang memang banyak menghabiskan waktu di sekolah, kampus, dan pusat perbelanjaan.
Perlengkapan Usaha
Perlengkapan standar yang harus Anda miliki sebelum mendirikan usaha burger, antara lain gerobak atau etalase untuk menyimpan berbagai bahan baku dan perlengkapan lainnya. Peralatan memasak seperti kompor, wajan antilengket, dan spatula, serta wadah dan botol plastik untuk tempat sayuran dan aneka saus burger.

Perlengkapan Harga (Rp)
Gerobak/etalase
Kompor
Wajan antilengket dan spatula
Aneka wadah dan botol plastik
Peralatan makan
1.500.000 – 2.000.000
150.000 – 300.000
100.000 – 200.000
300.000 – 400.000
200.000 – 300.000

Karyawan
Operasional usaha burger cukup sederhana. Oleh karena itu, semuanya bisa Anda lakukan sendiri. Atau, Anda juga bisa memercayakan operasional usaha ini kepada seorang karyawan yang sebelumnya telah diberi pelatihan. Pilihlah karyawan yang terampil, jujur, dan ramah.
Promosi
Selain memasang spanduk, Anda juga bisa menyebarkan brosur berisi berbagai penawaran menarik dari usaha burger Anda. Di awal usaha, cara berpromosi seperti ini terbukti efektif untuk memperkenalkan usaha pada orang banyak yang berpotensi menjadi konsumen burger Anda. Perlu diingat bahwa pelanggan tidak hanya datang karena burger yang dijual, kadang orang tertarik datang karena melihat keunikan dari tempat usaha. Oleh karena itu, bagus juga jika Anda memodifikasi gerobak atau etalase burger Anda, misalnya mengecatnya dengan warna – warna cerah atau membuat gerobak dengan bentuk yang unik.
Harga Burger
Penetapan harga sangat menentukan laku – tidaknya burger Anda. Harga harus disesuaikan dengan lokasi tempat usaha. Jika usaha berdiri di kawasan sekitar sekolah atau kampus, sebaiknya tetapkan harga yang tidak terlalu tinggi, misalnya antara Rp 6.000 – Rp 8.000. Sebaliknya, jika usaha berada di lingkungan pusat perbelanjaan atau perkantoran, Anda bisa mematok harga yang lebih tinggi, yaitu antara Rp 10.000 – Rp 15.000.
Risiko Usaha
Risiko yang paling sering dihadapi usaha burger adalah kenaikan harga bahan baku, yaitu daging. Untuk mengatasinya, belilah daging langsung dari pemasoknya, dan sebaiknya Anda memiliki lebih dari satu pemasok. Jadi, ketika harga di satu pemasok sedang tinggi, Anda bisa datang ke pemasok lainnya yang menawarkan harga lebih rendah.
Selain itu, isu – isu negatif, seperti merebaknya penyakit sapi gila, antraks, dan lain sebagainya dapat menyebabkan penurunan jumlah pembeli. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memberikan garansi bahwa burger buatan Anda 100% sehat dan bebas dari berbagai penyakit. Jaminan ini bisa Anda cetak di spanduk, brosur, dan daftar menu.
Contoh Resep
Burger Keju
Bahan – bahan :
  • 300 gr daging giling
  • 2 sdm kecap inggris
  • 1 ½ sdt garam
  • 1 sdt pala bubuk
  • 1 sdt kecap manis
  • ½ siung bawang bombay, cincang halus
  • 50 gr tepung panir halus
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdt gula pasir
  • 3 sdm susu cair
  • Bahan Pelengkap :
  • 6 buah roti burger
  • 6 lembar keju smoked slice
  • 30 gr saus sambal
  • 25 gr mustard
  • 6 lembar letus
  • 60 gr mayones
  • 60 gr saus tomat
Bahan Olesan :
  • 2 sdt kecap manis
  • 2 sdt margarin
  • 2 sdt kecap inggris
Cara membuat :
  • Daging burger : aduk rata bahan daging burger. Bentuk bulat pipih. Kemudian panggang daging sambil dioles bahan olesan dan dibolak – balik sampai matang.
  • Buka roti burger, letakkan letus, daging burger, keju smoked slice. Semprotkan mayones, saus sambal, saus tomat, dan mustard.
  • Menu ini untuk 6 orang : sebelum disajikan masukkan burger ke microwave atau panaskan sebentar dalam oven agar keju meleleh.

Analisis Usaha Burger
Asumsi
  1. Masa pakai gerobak 4 tahun
  2. Masa pakai peralatan masak 3 tahun
  3. Masa pakai peralatan makan 3 tahun
  4. Masa pakai peralatan tambahan 3 tahun
Investasi

Investasi Nilai (Rp)
Gerobak/etalase dan biaya renovasinya
Peralatan masak
Peralatan makan
Perlengkapan tambahan
3.000.000
500.000
200.000
100.000
Total Investasi 3.800.000

Biaya Operasional per Bulan

Biaya Nilai (Rp)
Biaya tetap :
Penyusutan gerobak/etalase 1/48 x Rp 3.000.000
Penyusutan peralatan masak 1/36 x Rp 500.000
Penyusutan peralatan makan 1/36 x Rp 200.000
Penyusutan perlengkapan tambahan 1/36 x Rp 100.000
Gaji karyawan

62.500
13.888
5.555
2.777
700.000
Total Biaya Tetap 784.720
Biaya variabel :
Daging sapi (3 kg x Rp 65.000/kg x 30 hari)
Roti burger siap pakai (Rp 60.000/hari x 30 hari)
Sayuran (Rp 30.000/hari x 30 hari)
Saus, mayones, mustard, dan bumbu (Rp 30.000/hari x 30 hari)
Sewa tempat
Biaya retribusi  

5.850.000
1.800.000
900.000
900.000
300.000
50.000
Total Biaya Variabel 9.800.000
Total Biaya Operasional 10.584.720

Pemasukan per Bulan
Penjualan burger :

50 porsi x Rp 10.000 x 30 hari = Rp 15.000.000
Keuntungan per Bulan
Laba    = total pemasukan – total biaya operasional
            = Rp 15.000.000 – Rp 10.584.720
            = Rp 4.415.289
Lama Balik Modal
Lama balik modal    = total investasi/keuntungan
            = Rp 3.800.000/Rp 4.415.289
            = 0,86 bulan = 26 hari
  • Jika Anda punya mobil berukuran besar, Anda bisa menjadikannya tempat berjualan burger. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membeli gerobak atau menyewa tempat usaha. Yang perlu Anda lakukan hanya merenovasi mobil tersebut sehingga bisa menjadi kedai burger keliling yang unik dan menarik
  • Tampilan burger sedikit – banyak akan memengaruhi minat orang untuk membeli burger Anda. Oleh karena itu, buatlah tampilan burger yang berbeda. Misalnya, dengan membuat burger berbentuk persegi atau berbentuk hati.
  • Sebagai alternatif, Anda juga bisa menyediakan burger khusus vegetarian, yang bisa dibuat dari tahu, tempe, atau jamur. Dengan demikian, Anda juga bisa menjaring konsumen yang memang tidak menyukai daging – dagingan.
  • Selain menjual burger, Anda juga bisa menjual menu lainnya sebagai pelengkap usaha kuliner burger seperti es teler atau es bubur buah.

Peluang Usaha Kuliner Lainnya:
Usaha Kuliner Bakso Daging Sapi
Usaha Kuliner Ayam Bumbu Rujak
Usaha Kuliner Bebek Goreng
Usaha Kuliner Dorayaki
Usaha Kuliner Yoghurt 
Usaha Kuliner Siomay
Usaha Kuliner Burger
Usaha Kuliner Jamur Kriuk
Usaha Kuliner Es Bubur Buah
Usaha Kuliner Es Pisang Ijo 
Usaha Kuliner Es Kacang Merah
Usaha Kuliner Es Kelapa Muda
Usaha Kuliner Martabak
Usaha Kuliner Es Teler
Usaha Kuliner Steik



Baca Juga Artikel Berikut:

3 komentar:

Peluang Usaha Burger Es Krim Hawai Fiestacool said...

Info yang bermanfaat... Numpang kasih info : Peluang Usaha Burger Es Krim Hawai Fiestacool, invest 6,5 juta Anda dapat paket lengkap berjualan burger es krim. Cocok bagi pengusaha pemula, pegawai, PNS, mahasiswa, dll. Kunjungi website kami Hawai Fiestacool

Unknown said...

tq buat artikelnya...sungguh bermanfaat sekali

Unknown said...


artikel yang bagus sab sangat menarik

obat hepatsure capsule
obat breast care capsule
obat ginkgo biloba plus capsule
obat ganoderma plus capsule
obat deep sea fish oil
obat chitosan capsule
obat ovary nutrition capsule

Post a Comment

Anda Pengunjung Yang Ke

Blog Archive